Facebook Kembali pada ‘Terms Of Agreement’ Awal


Siapa sih yang tidak kenal Facebook? Siswa sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran, artis, sampai pejabat pemerintah pasti pernah mendengarnya. Bahkan, mungkin mereka telah memiliki account di web jejaring sosial yang paling fenomenal ini.

Facebook sendiri memiliki begitu banyak fungsi, dari sekedar mencari teman lama yang sudah tidak diketahui keberadaannya, upload foto, bermain game, sampai memasarkan event yang akan kita selenggarakan. Pihak Facebook sendiri mengklaim pengguna web ini telah mencapai lebih dari 175 juta user di seluruh dunia.

Awal bulan Februari ini, Facebook melakukan perubahan terhadap ‘Terms Of Agreement’ (TOS) yang cukup mengejutkan para user. Pada awalnya, TOS tersebut menjelaskan bahwa semua content orisinil yang Anda upload akan menjadi hak milik Facebook. Namun, hak cipta yang diklaim oleh Facebook tersebut akan hilang apabila Anda telah menghapus account tersebut.

Uniknya, pada TOS baru, hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Hak cipta yang telah diklaim oleh Facebook tidak akan hilang, bahkan setelah Anda menghapus account. Hal ini mendapat reaksi cukup keras dari para user, bahkan diantara para user ada yang sampai membatalkan account mereka. User beranggapan bahwa revisi tersebut dapat memberikan hak kepada perusahaan untuk memiliki semua content yang telah di-post di web tersebut. Bahkan, content tersebut tetap ada setelah mereka menghapus keanggotaan mereka. Selain itu, ada sejumlah opini yang mengatakan bahwa semua yang telah Anda upload ke Facebook bisa digunakan oleh mereka selamanya, walaupun Anda telah meminta mereka untuk tidak menggunakannya.

Menanggapi hal tersebut, Facebook telah mengeluarkan pesan baru kepada para penggunanya. Mereka mengatakan bahwa mereka telah kembali ke TOS yang lama sampai Facebook mendapatkan suatu policy baru yang dianggap sesuai. Anda pun bisa memberikan saran-saran kepada pihak Facebook melalui web mereka dengan cara bergabung dengan group Facebook dan meninggalkan comment di halaman saran.


Source: facebook.com

Comments :

3 komentar to “Facebook Kembali pada ‘Terms Of Agreement’ Awal”
RiP666 mengatakan...
on 

wow...bahaya jg tuh.

add fb ku donk, sicthemaggots@yahoo.com
hehe

Rantaro mengatakan...
on 

^
masih mw main fb?? hehehe

wah saya gk ad fb ad ny cuma fs

jemiro mengatakan...
on 

peraturan, politik, tatacara memang tak bisa dilepaskan, sebuah dilema bagi pengguna FB, sesungguhnya merupakan perampasan hak menurut saya, seharusnya pihak FB tidak melakukan hal tersebut, hak sesorang tetaplah hak dia, bukan hak FB

Posting Komentar