Tips Membeli Laptop


Sekarang, seiring kemajuan teknologi, Laptop sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Sama halnya seperti handphone, saat ini Laptop sudah menjadi kebutuhan pokok. Baik bagi pelajar, mahasiswa, ataupun kaum eksekutif.

Berbagai jenis Laptop pun bermunculan dari mulai yang murah dengan spesifikasi pas-pasan, sampai yang harganya mahal dengan spesifikasi yang high end. Nah buat anda yang punya rencana ingin membeli laptop, dan bingung menentukan pilihan, ada baiknya baca dulu tips berikut ini :

Processor. Processor akan menentukan kecepatan pemrosesan sistem computer ketika mengeksekusi suatu program. Saran terbaik mungkin ambil processor dual cor, Intel Core 2 Duo atau AMD X2, tergantung dengan kocek Anda juga.

Operating System. Vista Vs XP. System operasi sangat penting buat mendukung aktivitas anda, karena itu sesuaikan system operasi dengan kemampuan yang anda miliki. Bila anda terbiasa memakai OS Windows XP tentu lebih bijak jika anda memilih Laptop dengan Built in Windows XP. Selain akan lebih mudah mengoperasikannya, anda pun tidak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi dengan Laptop yang baru saja anda beli. Selain itu anda akan lebih mudah menemukan Laptop dengan Built in Windows XP dibandingkan Vista. Perlu diperhatikan juga compabilitas hardware maupun software, dimana Vista masih sering menemui masalah (tidak kompetibel) dengan dengan add-on hardware maupun softaware.

Memori (RAM). Perangkat ini akan menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas penyimpanan RAM maka semakin banyak program yang bisa dijalankan secara bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk menjalankan program program berat seperti pengolah grafis dan video. Untuk sekarang ini, RAM yang cukup handal biasanya memiliki kapasitas di atas 1GB. Sesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhan, merk atau spesifikasi yang dijanjikan.

Harddisk (HDD). Perangkat ini akan menyimpan data atau file musik, video, gambar, dokumen, pekerjaan kantor, dan sebagainya, dan biasanya dalam waktu yang lama. Semakin luang kapasitas HDD maka akan semakin banyak file yang dapat disimpan. Namun, sesungguhnya performa laptop tidak akan terlalu terpengaruh oleh besarnya kapasitas harddisk.

Garansi. Hal ini penting untuk mengecek lama berlaku garansi, dan tanyakan apakah garansi resmi atau garansi toko.

LCD (layar).
Hal ini sangat berlaku untuk barang bekas. Cek apakah ada dot yang mengganggu tampilan di layar. Jika masih baru biasanya tampilan layar yang putih akan terlihat putih sekali, sedangkan yang agak lama menjadi putih kekuningan.

Batery life. tak diragukan lagi pilihlah Laptop dengan kemampuan batery yang lama. Jangan sampai baru dipakai 1 jam, harus dicharges.

Cari tahu bagaimana layanan purna jual. Selain itu, jangan hanya memandang merk, kemudahan ketersediaan spare part, terutama untuk merk baru, dan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang produk laptop yang ingin Anda beli, jika merk masih terbilang baru

Jangan membeli laptop yang sedang di display di toko. Walau ini terlihat tidak penting, namun Anda tidak bisa mengabaikannya. Anda tidak tahu sudah berapa kali laptop yang dipamerkan tersebut dinyalakan dan diutak-atik orang. Jika Anda memang menginginkan laptop tersebut, namun hanya laptop itu satu satunya yang ada di toko itu, maka Anda bisa mencarinya di toko lain.

Ada berbagai macam pertimbangan untuk memilih sebuah Laptop, ketika anda berencana membeli sebuah Laptop, pikirkanlah baik-baik bagaimana dan untuk apa anda memakai Laptop. Dengan begitu anda bisa lebih focus terhadap satu atau dua pilihan saja yang terbaik buat anda.

Comments :

10 komentar to “Tips Membeli Laptop”
Anonim mengatakan...
on 

punya saran ngga processor yang bagus yang mana ?

Anonim mengatakan...
on 

Aduuuh ini posting berguna banget !
thank u ;)
rencana emang mo beli laptop !

tuker link boleh?

http://ceritaeka.wordpress.com

Anonim mengatakan...
on 

@Risti
klo buat main game sih pake yang Core 2 Duo ke atas aja mbak biar enak.
tapi klo cuma buat ngetik2 doank sih pake yang Core Duo udah lebih dari cukup.

@ekaria27
tengkyu
boleh, udah saya pasang link nya

RiP666 mengatakan...
on 

hmmm...jadi pingin beli nih, yah pingin aja tp duidnya ga ada hhihihi

e-je mengatakan...
on 

nice tips...
sayang, dulu pas saya beli laptop postingan ini belum ada hehe..

yanti mengatakan...
on 

aq mo beli laptop tapi bingung aq gk ngerti spepsifikasi yg hrs di cek dr laptop tsb dan skrg biasnya byk brg2 black market(BM), bagaimana cranya biar qta gk kna BM. klo punya tips tlg krm ke email Qu donkz. yan_thyee@yahoo.co.id
trim's ya....

arp mengatakan...
on 

nice tips bos

Rantaro mengatakan...
on 

^
Tengkyu

Diary Pink mengatakan...
on 

wah... infonya menarik neh... sip... kalo beli notebook :)

@ Coy mengatakan...
on 

kebetulan banget lagi nyari tips kayak gini...

Posting Komentar

 

Recent Posts

Site Info

About Me

Foto saya
Live must go on and keep spirit