Karakteristik dan Tips Menjaga Agar Flashdisk Lebih Awet


Tidak dipungkiri bahwa flashdisk saat ini menjadi media yang paling sering digunakan menyimpan data yang mudah di bawa kemana-mana. Tetapi sedikit yang memperhatikan masalah pnggunaan flashdisk ini.
Mungkin karena kapasitasnya ber-Giga-giga, maka semua data dimasukkan, dan setiap saat dipasang di komputer ibarat hardisk mini. Bahkan ada yang isinya tidak hanya ratusan data, tetapi ribuan data.

Sedikit orang yang tahu bahwa flashdisk mempunyai umur, ibarat lampu TL yang mempunyai umur (misalnya tahan sampai 5000 jam). Begitu pula Flashdisk. Tapi apa ukuran umur flashdisk? Bagaimana menggunakan flashdisk agar lebih awet / tahan lama? hal-hal penting apa yang perlu diketahui tentang flashdisk?

Beberapa hal yang menjadi Karakteristik Flashdisk
Beberapa hal yang mungkin perlu diketahui tentang flashdisk (murni USB Flash disk, bukan MP3/MP4) :

* USB Flash Disk hanya bisa aktif jika ada arus listrik yang bisa diperoleh melalui port USB.
* Beberapa Flash Disk memerlukan arus atau daya listrik yang lebih besar dibanding lainnya, sehingga kadang harus ditancapkan langsung di port motherboard ( tanpa kabel sambungan dan bukan port di depan) agar bisa terdeteksi.
* Flash Disk tidak bisa terbaca jika kabel yang digunakan terlalu panjang, karena biasanya arusnya kurang kuat.
* Flash Disk memiliki umur/masa pakai, misalnya 100.000 baca/tulis atau ketahanan sampai 10 tahun.
* Kecepatan akses membaca lebih cepat daripada menulis di flashdisk. Misalnya membaca 16 MB/s sedangkan menulis 4 MB/s (satu dan lainnya berbeda-beda)
* File sistem yang biasa digunakan adalah FAT atau FAT32, karena bisa diakses hampir dimanapun yang mensupport USB port. Meski bisa diformat sesuai dengan tipe sistem operasi, seperti NTFS.
* Defragment file di flashdisk tidak diperlukan dan tidak berpengaruh ke kecepatan akses, karena flashdisk menggunakan Memory tipe Random Akses.

Bagaimana mengamankan data didalamnya?

Satu-satunya jalan sepertinya dengan meng-enkripsi data yang ada di flash disk. Meskipun saat ini ketika membeli flash disk disertakan software yang bisa mengunci (lock), tetapi tetap bisa dibuka dikomputer yang tidak ada software tersebut. USB Flash disk kemungkinan tidak rusak meski terkena air atau bahkan terendam, asal sebelum dipakai dikeringkan terlebih dahulu.

Tips Menggunakan Flashdisk agar lebih awet

* Jangan menyimpan file-file yang sangat banyak kedalam flashdisk, jika memungkinkan lebih baik di zip. Karena semakin banyak menyimpan file maka proses menulis flashdisk juga akan lebih banyak, sehingga umurnya juga cepat berkurang.
* Jika tidak begitu penting, hindari mengedit langsung dari flashdisk. Alternatifnya copy data di komputer, kemudian di edit dan setelah selesai baru kembali di copy ke Flashdisk.
* Jika tidak dipakai/digunakan, lepas Flashdisk dari komputer.
* Usahakan selalu melepas Flashdisk dari komputer melalui “Safety Remove Hardware” dan hindari langsung melepas ketika sedah dalam proses membaca/menulis, karena bisa saja rusak akibat arus listrik.

Flashdisk satu dengan lainnya mempunyai umur dan kecepatan yang berbeda-beda. Satu lagi tips ketika membeli flashdisk, jangan hanya melihat harganya, tetapi juga garansinya, jika lebih mahal sedikit tetapi garansi lebih lama, maka pilih yang garansinya lebih lama. Semoga bermanfaat.


sorry buat teman2 blogger semua klo misalnya saya gak bisa blogwalking di blog2 sobat sekalian. soal ny saya udah mau uts nih senin nanti. jadi bakalan vakum dulu untuk 1 minggu hehe.

Comments :

15 komentar to “Karakteristik dan Tips Menjaga Agar Flashdisk Lebih Awet”
pemula mengatakan...
on 

wahh keran tu FDnya sobb hehehe ...
mampir lagi ya sobb !! jangan jemu-jemu walau sekedar lewat, jangan bosen-bosen untuk meninggalkan jejak !! terimakasih



www.coba-informasi.blogspot.com

eri-communicator mengatakan...
on 

flaskdisk yang digambar keren tuh, makasih ya infonya.

lucy.. mengatakan...
on 

cocok nih buat temanku yang doyan ngoleksi Flashdisk, hihihi

makasih infonya ^^

manusia biasa mengatakan...
on 

manthaffff dah.......... keren cuy..... infonya

Sukses yah UTS nya..... sama manusia biasa baru aja selesai UTS nya .......

Happy blogging

ceritaeka mengatakan...
on 

Kalo falsh discnya minta diformat ulang gimana?

Anonim mengatakan...
on 

TOLONG DUNK GMNA CARANYA COPY DATA DI INBOX EMAIL KE FLASHDISK?
THANKS

aalil ngegame mengatakan...
on 

Nice info pak.... butuh neh saya untuk ngasih tau temen2 kampuz...

Lala mengatakan...
on 

Wah bisa jadi panduan buatku nich biar Flashdisk ku awet, thanks infonya...

btw, met ujian ya moga2 lancar dapat nilai A+

@ Coy mengatakan...
on 

klo flash disk dipake Ram engk pa2 ya?...
Atau malah memperpendek umurnya soalnya flash disk q ku jadiin Ram loh...

Dan satu lagi g mana caranya memformat flash disk jadi NTFS?

RiP666 mengatakan...
on 

wah berguna bgt infonya bro,, flash dh mendarah daging skrg n rentat kena virus ^^

nice

hendro mengatakan...
on 

aku datang sobbbb

mampir lagi ya !! jangan jemu-jemu walau sekedar lewat, jangan bosen-bosen untuk meninggalkan jejak !! terimakasih
coba-informasi.blogspot.com

IHSAN mengatakan...
on 

FD terbaik untuk saat ini ari mereka apa ya?

assasincreed mengatakan...
on 

flashdisk nya ada tusuk gigi nya nih.haha

new update java games for mobile phone,check this out ..........

Rantaro mengatakan...
on 

@manusia biasa
tengkyu bro, target sem 2 ini ipk 3 ke atas haha

@ceritaeka
klo minta di format yaud format aja mbak
tapi jangan terlaluh sering di format, karena bisa rusak tuh FD ny.

@Lala
amiinnnn deh dapet A++ hehe

@ Coy
di pending dl ya bro request nya

GI mengatakan...
on 

Bos, thanks infonya. Artikel di blog ini boleh di copas nggak?

Posting Komentar